Mengulang Lagi Ujian Pendadaran - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Friday, January 20, 2017

Mengulang Lagi Ujian Pendadaran

Mengulang Lagi Ujian Pendadaran hal ini dilakukan oleh mahasiswa yang sudah tamat mengikuti ujian sidang skripsi, walaupun sudah lulus sidang skripsi tetapi harus mengikuti ujian pendadaran dan aktivitas itu dilakukan di Universitas di Tegal tercinta ini. Berbeda dengan universitas lain dimana ujian skripsi dengan pendadaran adalah sama. Tetapi di UPS itu berbeda, karena untuk ujian pendadaran ada biayanya sekitar Rp.350.000,09, nah kalau tidak lulus, tentu harus mengulang dan membayar lagi yang sama besarnya. Tetapi itulah sebuah perjuangan yang panjang. Menjadi seorang mahasiswa harus bisa bertanggungjawab dan selesai tepat waktunyaDi tahun sebelumnya, bahwa hanya ada Ujian Sidang Skripsi (USS) yaitu ujian yang isinya tentang isi skripsi yang mahasiswa kerjakan, SKS Skripsi memang besar sekitar 6 nilainya coba kalau ujian sidang skripsi mendapat abjad A atau B tentu akan menambah nilai IPK nya. Tetapi untuk saat ini, (entah kapan dimulainya), bahwa selain sidang atau ujian skripsi ada yang namanya Pendadaran (bukan dadar telor) tetapi sebuah tes yang materinya berasal dari semester awal sampai semester akhir, tetapi diambl hanya 4 mata kuliah tergantung progdinya. Dan pelaksanaanya dilakukan dengan tanya jawab seperti 1 mahasiswa dengan 4 dosen pengampu mata kuliah yang diujikan. Bila mahasiswanya pintar karena:
  • mencari sumber-sumber atau materi-materi yang diujikan,
  • mencari kisi-kisi materi yang akan diujikan,
  • mencari dosen dan bertanya-tanya materi apa yang akan diujikan,
  • mencari tahu kepada almamater, materi-materi apa yang biasanya akan keluar.
  • belajar
Bagi mahasiswa yang kurang siap tentu akan gelagapan dan diperkirakan mengulang lagi ujian pendadaran tersebut, kalau demikian akhirnya tentu akan membayar kembali untuk ujian ulangan tersebut, nah dipastikan LULUS karena sudah membayar lagi, itu adalah strategi saja agar ada pemasukan kembali. Kesimpulanya bahwa walau sudah gede sudah menjadi mahasiswa tentu belajar itu adalah suatu kebutuhan yang wajib dilakukan apabila ingin mendapatkan nilai-nilai yang bagus.   

Untuk diperhatikan bagi anda yang kuliah di UPS dengan program studi Akuntansi, nanti bila anda mengikuti ujian pendadaran, perlu diketahui bahwa materi kuliah yang harus dipelajari adalah sebagai berikut :
Dari empat mata kuliah tersebut apabila anda dipelajari setuhnya, maka anda akan memperoleh nilai atau setidaknya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji pendadaran. Selamat belajar.   

No comments:

Post a Comment