Pengalaman Mengikuti Demonstrasi di Kota Tegal - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Wednesday, October 12, 2016

Pengalaman Mengikuti Demonstrasi di Kota Tegal

Pengalaman adalah guru yang terbaik walaupun kadang-kadang pengalaman yang penulis belum tentu baik. Pengalamanku ini adalah saat menjadi tercatat menjadi mahasiswa di Universitas Pancasakti Tegal. Pengalamanku ini adalah saat mengikuti demonstrasi terhadap Walikota Tegal, pada waktu itu Pak Zakir dialah seorang tentara, yang sebelumnya adalah pernah bekerja di Kodim Tegal (Pagongan). 

Penulis yang ikut gabung dengan KAMUR atau Kesatuan Aksi Mahasiswa Untuk Reformasi, pada awalnya demo tersebut bersifat grup yang terdiri dari beberapa orang kakak tingkat. Pertama kali demo hanya di depan Kampus Lama tepatnya di jalan Pancasila waktu itu. Dan demo kecil-kecilan itu adalah imbasan dari demo-demo dari Universitas lain. Diawali dengan reformasi nasional yang terkenal pada waktu pelengseran Soeharto oleh Poeple Power yang dimotori oleh mahasiswa Jakarta tersebut, kemudian menulari ke daerah-daerah seperti Tegal beberapa bulan kemudian.

Para teman-teman kampus akhirnya mengotaki beberapa kampus-kampus yang ada di Tegal dan sekitarnya, juga menggandeng beberapa tokoh masyarakat, tokoh budayawan dan sebagainya.  Demonstrasi ala KAMUR adalah murni dan biaya sendiri dan bantuan dari teman-teman mahasiswa, dari kamus lama kita longmarch ke DPRD Kota Tegal, KAMUR menuntut agar eks Walikota Tegal diturunkan karena disamping sebagai walikota terlama menjabat dan kabarnya telah melakukan pelanggaran hukum. 

Dan akhirnya juga dihukum. Catatan sejarah bahwa baru kali ini UPS yang notebene kampus para pegawai, bisa merontokan kekuasan dari Walikota tersebut. Dan sebelumnya bahwa UPS dari awal berdirinya tidak pernah melakukan demonstrasi, Demonstrasi ini dimotori oleh mahasiswa yang bukan asli mahasiswa UPS tetapi mahasiswa transferan dari Universitas lain, sebut saja namanya Bambang, Yana Mulyana dan teman-temanya. 

Berikutnya adalah tepat di hari Jum;at setelah sholat Jum'at semua Umat Muslim Tegal dan sekiarnya melakukan protes keras terhadap Koh-hok yang telah menghina Al Qur'an. Semua umat muslim akan melakukan Longmarch ke Mapolres Tegal kemudian ke DPRD Kota Tegal. 

No comments:

Post a Comment