Cara Mudah Menyusun judul tugas akhri (TA) agar Disetujui Dosen - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Tuesday, November 22, 2016

Cara Mudah Menyusun judul tugas akhri (TA) agar Disetujui Dosen

Cara Mudah Menyusun judul Tugas Akhir agar Disetujui Dosen. Setiap mahasiswa yang akan mengakhiri masa hidupnya di kampus tercinta tentu akan mengalaminya yaitu menghadapi tugas akhir, karya ilmiah (Universitas), tesis, atau desertasi, dengan catatan sang mahasiswa sudah merampung semua mata kuliahnya. 

Dan bagi yang masih mempunyai IP yang rendah maka harus mengulang atau mengikuti semester pendek walaupun sang mahasiswa sudah waktunya untuk mengajukan judul skripsi. Nah, bagi mahasiswa yang sudah siap tanding menyusun TA tentu harus mencari judul-judul yang relevan sesuai dengan program studinya. Untuk Tugas Akhir pada program studi komputer akan sangat berbeda dengan cara menyusun karya ilmiah seperti tesis, skripsi atau desertasi. Pernah penulis menyusun Tugas Akhir (TA) bahwa pada TA ini tidak ada bimbingan TA, tetapi entah sekarang mungkin sudah berubah ada bimbinganya.

Dan akhirnya mereka juga akan mengalami hal yang sama yaitu mencari judul-judul TA. Lalu bagaimana cara mudah menyusun judul tugas akhir (TA) agar disetujui dosen, ada berbagai cara seperti :

  • Cari judul TA di perpustakaan kampus atau fakultas
  • Cari judul TA di buku-buku penelitian
  • Cari judul melalui browsing
  • Meminjam TA di alumni-alumni 
Keempat cara tersebut, setelah anda mendapatkan judul-judul tersebut kemudian modifikasi sehingga anda akan mendapatkan judul TA baru dan original artinya belum pernah dipublikasikan atau belum ada judul tersebut di perpustakaan dan ini menjadi pengalaman yang baik bagi anda.

Kenapa harus menjadi judul yang asli atau original, karena dosen terkadang menginginkan judul lain daripada yang lain, dosen terkadang bosan dengan judul yang itu-itu saja, sehingga terkadang mahasiswa akan terganjal ditengah jalan karena judul-judulnya tidak pernah di acc oleh dosen yang bersangkutan. Kesannya bahwa dengan judul yang baru, maka akan menemukan wawasan yang baru. Dan biasanya dengan judul yang baru itu, seringkali dosen memintanya apabila sudah menjadi TA, skripsi, tesis, dan akan dijadikan koleksi oleh dosen-dosen tersebut.

No comments:

Post a Comment