Pengalaman Menjadi Penulis Skripsi dan Membaca Karakter Dosen Pembimbing - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Monday, October 24, 2016

Pengalaman Menjadi Penulis Skripsi dan Membaca Karakter Dosen Pembimbing

Pengalaman Menjadi Penulis Skripsi dan Membaca Karakter Dosen Pembimbing. Menjadi penulis skripsi sekaligus penyusunan skripsi tidak ada sekolahnya, tetapi berdasarkan pengalaman mengetik perbab skripsi pada waktu itu. Awalnya penulis adalah hobinya pengetikan di rental, tetapi karena mempunyai kakak kerja di Universitas Pancasakti Tegal sebagai staf komputer dan kadang keteter dalam pemasukan data entry para dosen-dosen sehingga kerjaan tersebut dilimpahkan ke penulis sendiri. Disitulah pengalaman memasukan data entry nama-nama dosen dilakukan, dan karena waktu itu penulis mempunyai keahlian mengetikan 10 jari tanpa melihat keyboard, maka orderan ngetik-ngetik juga berlanjut.  Mengawali karir sebagai pengetik skripsi, ketika penulis mengetik bab landasan teori skripsi bahasa Indonesia atau mengetik juga dari Bab 1 s.d 3 dan untuk bab 4 dan 5 nya kakakku.  

Dari awal sebagai tukang ketik untuk mengetik beberapa lembar skripsi, waktu itu penulis belum mempunyai komputer sendiri (harganya Rp.1.650.000) dan karena penulis mempunyai keahlian mengetik 10 jari sistem buta, maka mengetiknya di rental-rental pengetikan, dengan modal disket waktu dan duit sewa perjam waktu itu Rp.2000,- Kemudian pada akhirnya penulis mempunyai Komputer sendiri atas bantuan ibuku, waktu itupun belum ada printernya. Lambat laun tapi pasti punya juga printer waktu itu canon warna putih seharga Rp.800.000,- Setelah mempunyai komputer hingga akhirnya membuka pengetikan komputer di samping Polsek Talang, waktu itu bidang yang ditangani adalah rental pengetikan tetapi komputernya tidak disewakan. Sejak saat itulah pengetikan terkenal sebagai ketik-ketik makalah, karya tulis juga tugas-tugas sekolah lainnya. Tarif ketik cetak waktu itu Rp.1500,- tetapi apabila pake kertas sendiri dihargai Rp.500 untuk biaya cetaknya.

Sebetulnya usaha itu sangat menggiurkan karena di daerahku belum ada yang mempunyai komputer atau rental pengetikan komputer, masih satu-satunya. Dan satu-satunya rental pengetikan 24 jam nonstop. Hingga pada suatu saat, bidang kami adalah spesifikasi penulisan skripsi dimana konsumennya adalah mahasiswa UPS Tegal. Setelah penulis lepas dari Kakaku, akhirnya penulis mempunyai bendera sendiri bernama Veteran Komputer yang berubah menjadi Asyakuro Komputer, Ada banyak mahasiwa UPS Tegal yang skripsinya di jasakan kepada rental pengetikan skripsi penulis. Penulispun melakukan promosi-promosi dengan cara menempelkan lembaran-lembaran yang berisi jasa pengetikan komputer yang ditempel-tempelkan baik di jasa fotokopi kampus lama UPS, dan sajak saat itulah jasa pengetikan skripsi mulai didatangi pengujung. Bukan saja mahasiswa UPS, mahasiswa dari kampus lain juga ada seperti STAIBN, STIKes Bhamada, Unikal Pekalongan, 

Membaca Karakter Dosen Pembimbing
Mengingat penulis juga alumni UPS Tegal pada progdi manajemen perusahaan pada Fakultas Ekonomi angkatan lama sehingga sangat paham dengan karakter-karakter dosen pada waktu itu, sehingga mengetahu betul dosen-dosennya. Pengetahuan tentang dosen-dosen tersebut diketahui ketika seorang mahasiswa dibimbing oleh dosen tertentu dan bukti hasil bimbinganya. Mengerti akan karakter dosen-dosen tersebut, tidak saja dosen dari Manajemen juga dosen Fisipol, kalau hukum, teknik, fkip tidak begitu tahu karena penulis jarang dan kadang-kadang menyusun skripsi program studi pendidikan. (end)


No comments:

Post a Comment