Pengalaman Memancing Ikan di Barat Kali Prepil - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Monday, November 14, 2016

Pengalaman Memancing Ikan di Barat Kali Prepil

Pengalaman Memancing Ikan di Barat Kali Prepil. Ceritanya waktu penulis masih kecil yah sekitar usia SD waktu kelas lima atau enam, biasanya hobi yang dilakukan pada saat liburan puasa (ramadhan) yaitu mancing atau memancing di anak sungai prepil, sungai tersebut memang dipakai untuk mengairi sawah di sekelilingnya. Prepil merupakan bangunan yang dibangun oleh Belanda zaman dahulu tujuanya adalah untuk mengairi sawah (irigasi). Dan kabarnya di sungai prepil tersebut angker karena ada yang menghuni sungai tersebut yang dinamakan bruncul atau siluman buaya. Biasanya pemangsa anak manusia yang yang terkadang mandi di sungai tersebut, biasanya tenggelam dan ada tanda-tandanya berupa berlobangnya di bagian kepala si korban.

Masalah mancing di anakan sungai prepil biasanya dilakukan sore hari menjelang maghrib, penulis dan rekan akan mencari cacing sebagai umpan untuk mancing, alat pancingnya sederhana made in sendiri, bahanya dari bambu yang sudah disigar sedemikian rupa hingga menjadi pegangan kail yang sebelumnya diikat dengan senar yang ujungnya senar diberi mata pancing. Berburu cacing untuk umpan, dicari disekitar rumah (area got-got yang keringnya airnya), dengan beberapa umpan cacing, penulis dan rekan mulailah pasang cacing yang terlebih dahulu di mata pancing, kemudian kami berlima masing-masing memasang, kemudian di tancapkan di pinggir sungai-sungai tersebut. Untuk mendapatkan hasil tangkapan dibutuhkan kesabaran apalagi yang diburu ikanya kecil-kecil sebesar jari telunjung orang dewasa. Seharian bisa menghasilkan beberapa ikan bisa 10 ekor atau lebih. 

Mendekati jam lima sore kami bersama tim pulang ke rumah masing-masing, hasil tangkapan yang berupa 10 ikan itu, dimasak secara sederhana biasanya digoreng dan diberi bumbu ala kadarnya. (bahan bumbunya sama dengan bumbu untuk menggoreng tempe). Selanjutnya setelah matang dibagi-bagi kepada teman-teman penulis,  Kegiatan mancing tersebut, biasanya dilakukan 1 atau 3 harian tujuannya adalah untuk menghabiskan waktu liburan puasa sekaligus menjemput waktu buka puasa tiba. Demikian pengalaman memancing ikan di barat kali prepil, selamat mambaca.


Salam Blogger.

No comments:

Post a Comment