Pengalaman Saya Merevisi Tesis - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Tuesday, November 8, 2016

Pengalaman Saya Merevisi Tesis

Disebut dengan tesis adalah sebuah pernyataan atau teori yang didukung beberapa argumen yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah, tesis dikerjakan guna mendapatkan kesarjanaan di perguruan tinggi tertentu baik swasta atau negeri. Tesis ini bisa disebut sebagai karya ilmiah yang ditulis secara resmi oleh seorang mahasiswa, dan tesis ini dijadikan bukti kemampuan yang kaitanya dengan penelitian dan pengembangan pada ilmu pada suatu bidang ilmu yang telah dipelajarinya.

Mengenai pengalaman saya menulis tesis sekarang sedang dilakukan dan sudah sampai pada bab 123 yang akan dilanjutkan pada bab 4 dan 5 sebagai akhir penyusunan ini. Seperti halnya penyusunan skripsi, pada tesispun juga dijumpai adanya revisi. Dan pengalaman saya merevisi tesis tidak serumit pada penyusunan skripsi, bahkan lebih mudah dalam merevisi tesis, disokong dengan mahasiswanya yang sudah dewasa, berfikir matang dan tidak kekanak-kanakan. 

Ditopang dengan pembimbing tesis yang super jago dan berpengalaman dalam membimbing mahasiswanya, mereka lebih intens dan teliti apa karena mereka dosen-dosen yang berasal dari universitas negeri seperti UNDIP atau lainnya. Pada penyusunan tesis sendiri terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
  • Mentarget pada isu sentral pada salah satu disiplin ilmu dalam ilmu pendidikan sesuai dengan progdi yang telah ditempuh oleh mahasiswa.
  • Berisikan pengujian empiris terhadap posisi teoritik tertentu.
  • Menggunakan data primer sebagai data utama dan ditunjang oleh data sekunder.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan menggunakan bahasa asing pengecualian

Pada penyusunan tesis ini sering digunakan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu metode yang biasanya dengan menggunakan cara tanya jawab atau wawancara, dengan melakukan pengamatan terlebih dahulu pada umumnya. Kenapa menggunakan metode kualitatif, disebabkan penelitian tersebut bersifat mendalami kasus-kasus yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Tesis yang bersifat kualitatif ini akan menimbulkan ide-ide bagus yang mana di masyarakat belum terjamah oleh pemikiran-pemikiran yang rasional.


No comments:

Post a Comment