Pengalaman Menjadi jasa Pembuat Skripsi dan Tesis - PENGALAMAN | EXPERIENCES

Latest

Friday, December 9, 2016

Pengalaman Menjadi jasa Pembuat Skripsi dan Tesis

Profesi ini awalnya langka, tetapi dengan perkembangan universitas yang tumbuh berkembang sehingga banyak mahasiswanya, yang sebetulnya bisa menyusun atau membuat skripsi sendiri. Pada akhirnya mahasiwa-mahasiswa tersebut menjasakan skripsinya kepada jasa pengetikan skripsi. Era 1990 an, jasa ini belum begitu marak tergantung daerah masing-masing, kalau di Jogjakarta atau kota lain yang pendirian universitasnya sudah kuno, tentu jasa pengetikan skripsi masih menggunakan mesin ketik biasa, dan skripsinya juga masih menggunakan tulisan ketikan kuno. Tetapi saat mesin komputer sudah merajalela, maka gunakan komputer tersebut. Intinya sama yaitu rapi dan bersih. 

Lantas kenapa mahasiswa sekarang masih saja dibuatkan skripsinya, alasanya itu simpel dan mudah ditebak, bahwa belum ada waktu luang katanya, karena sibuk pekerjaan pas kebetulan ada mahasiswa yang nyambi bekerja. Atau bagi bapak-bapak atau ibu-ibu yang telat kuliahnya, maka mereka memberikan alasan bahwa kenapa menyusun skripsi direntalkan jawabnya : tidak bisa membagi waktu. Tetapi intinya yah dibuatkan oleh ahli pembuat skripsi. Dan fenomena ini akan berlangsung terus menerus, mahasiswa sekarang tidak ingin mumet dalam menyelesaikan masalah dengan pendidikanya, pikiran mereka yang utama adalah gampang dan digampangkan. Saya berpengalaman dalam hal membuat skripsi dan tesis, tentu tidak menjadi masalah dan ini legal karena tidak ada niatan untuk plagiasi, yang plagiasi yaitu yang suka browsing terus copypaste, searching ke google.com, kemudian cari skripsi yang diingininya.

Sampai kapan hal ini berakhir, mungkin sampai universitas-universitas itu bangkrut, tetapi apakah jasa pengetikan skripsi akan mati, tentu tidak. Pengetikan skripsi akan terus berjalan selamanya.

No comments:

Post a Comment